Pages

Sabtu, 26 November 2011

Rokokmu, Pembunuhmu

Rokok
Rokok, benda yang biasanya berbentuk silinder dan di dalamnya berisi cacahan daun-daun tembakau ini sering dikonsumsi oleh manusia. Padahal rokok  mengandung berbagai jenis bahan kimia yang dapat merusak sistem jaringan tubuh manusia yang dapat berujung pada kematian.

Pada awalnya, rokok digunakan oleh suku bangsa Indian di Amerika untuk upacara ritual seperti memuja Dewa ataupun Roh. Namun ketika awal abad ke-16, Bangsa Eropa mencoba menghisap rokok tersebut untuk bersenang-senang.

Rokok merupakan produk berbentuk silinder yang berbahaya dan dapat menimbulkan ketergantungan karena di dalam rokok terdapat sekitar 4000 bahan kimia yang berbahaya.  Sebagian diantaranya merupakan zat karsinogenik yang dapat menimbulkan kanker. 

Zat-zat berbahaya yang terkandung didalam rokok yaitu, tar, karbon monoksida, sianida, arsen, formalin, nitrosamine dan masih banyak lagi.

Walau berbahaya, banyak diantara para perokok yang tetap melakukan kegiatan merokoknya tanpa mempedulikan seberapa bahayanya rokok tersebut untuk kesehatan tubuh. Mereka tetap saja merokok walaupun mereka tahu akan bahaya yang dibawa oleh rokok itu sendiri. Mereka tahu, namun mereka tidak peduli.

Hal ini disebabkan karena di dalam rokok terkandung nikotin yang dapat menimbulkan kecanduan bagi para penghisapnya sehingga apabila mereka tidak merokok, mereka akan merasakan gangguan seperti gelisah, berkeringat dingin, sakit perut, dan lain-lain. Kemudian ketika mereka kembali merokok dan nikotin telah menyentuh otak lagi, barulah mereka akan merasa tenang dan dapat berkonsentrasi. 

Oleh sebab itu banyak perokok yang akan terus menjadi perokok seumur hidupnya, walaupun mereka mempunyai keinginan yang kuat untuk berhenti, mereka akan tetap sulit menghentikan kecanduan tersebut.

Berbagai kandungan bahan kimia berbahaya yang ada di dalam rokok membawa banyak efek negatif terhadap kesehatan diri sendiri ataupun kesehatan orang lain yang menghirup asap rokok tersebut.  

Beberapa masalah lain yang dapat timbul akibat bahaya rokok antara lain sebagai berikut:
  • Perokok mempunyai fungsi paru-paru yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok.
  • Merokok mengurangi pertumbuhan paru-paru.
  •   Pada orang dewasa, penyakit yang disebabkan oleh rokok adalah penyakit jantung dan stroke.
  •   Merokok dapat menurunkan performa dan daya tahan tubuh remaja.
  • Secara rata-rata, orang yang merokok 1 bungkus atau lebih setiap harinya berkurang hidupnya selama 7 tahun dibandingkan orang yang tidak merokok.
  • Remaja yang  menggunakan rokok mempunyai kemungkinan 3 kali lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak merokok untuk menggunakan alkohol, 8 kali lebih banyak untuk menghisap ganja serta 22 kali lebih banyak untuk menggunakan kokain. Merokok juga sering dihubungkan dengan terjadinya kelakuan beresiko lain seperti berkelahi ataupun melakukan hubungan seksual secara dini.
Penyakit-penyakit yang diketahui dapat disebabkan oleh rokok antara lain, kanker tenggorokkan, kanker paru-paru, kanker lambung, penyakit jantung koroner, pneumonia dan gangguan sistem reproduksi.
Tak ada yang bisa didapatkan dari rokok selain penyakit karena bahan kimia berbahaya yang dikandungnya, kemiskinan karena ketagihan dengan rokok yang harganya menguras perekonomian, dan kematian karena sistem jaringan tubuh yang sudah rusak dan tak dapat berfungsi. Jadi, apa yang dicari dari rokok? Taka da selain kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar