Pages

Senin, 18 April 2011

Sejarah UKS di Indonesia

Kata “UKS” sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita. UKS merupakan singkatan dari Usaha Kesehatan Sekolah. Tapi tahukah kalian bagaimana sebenarnya sejarah UKS itu?


Sebenarnya UKS sudah ada sejak dulu. Namun di Indonesia UKS dirintis sejak tahun 1956 di Jakarta dan Bekasi melalui Proyek Usaha Kesehatan Sekolah yang merupakan kerjasama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan, dan Departemen Dalam Negeri.
            Kemudian Pada Tahun 1980 rintisan mengenai UKS itu ditingkatkan menjadi Keputusan Bersama antara Departemen Kesehatan dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tentang kelompok kerja UKS yang memiliki  tujuan Untuk mencapai kemantapan dan pembinaan secara terpadu.
Pada tanggal 3 september 1980 Menteri Dalam negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, dan Menteri Kesehatan mengeluarkan surat keputusan tentang kebijaksanaan dan Pengembangan UKS. Selain itu, para mentri juga mengeluarkan surat keputusan mengenai Tim Pembina UKS.
Sejak dikeluarkannya undang-undang Nomor 4 tahun 1979 mengenai pembinaan anak sekolah, setiap sekolah baik dalam tingkat SD, SMP, maupun SMA harus memiliki ruang UKS beserta anggota dan pembina UKS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar