Pages

Sabtu, 26 November 2011

“Kebersihan” Sarana Menuju Hidup Sehat

Lingkungan Sehat dan Bersih

Kesehatan merupakan asset terbesar dalam hidup kita. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. Mungkin kalimat itu sudah cukup menggambarkan bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Mengapa demikian? Karena dengan memiliki tubuh yang sehat, seseorang akan dapat melakukan aktivitasnya dengan baik. Sebaliknya, jika tubuh sudah tidak sehat maka aktivitas sehari-haripun akan sulit untuk dapat dilakukan.

Sehat merupakan keadaan dimana seseorang memiliki kondisi fisik maupun jiwa yang sehat. Kesehatan memang sangat penting, namun ada satu hal lagi yang tak kalah pentingnyanya dengan kesehatan, yaitu kebersihan. Untuk mendapatkan suatu keadaan yang sehat, kita harus menjaga lingkungan kita agar tetap bersih, terhindar dari kotoran termasuk sampah dan bau.

 Kebersihan dan kesehatan merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. Jadi, sebelum memikirkan kesehatan terlebih dahulu kita harus memikirkan kebersihan. Lingkungan yang bersih akan membuat lingkungannya menjadi sehat dan terhindar dari ancaman penyakit. Jangan sampai kesehatan lingkungan menjadi rusak sehingga membawa dampak yang kurang baik untuk diri kita.

Terciptanya individu yang sehat merupakan tujuan dari aplikasi kebersihan. Jika hal ini dapat terwujud, maka akan tercipta keadaan dimana individu memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang sehat sehingga berpengaruh pada keadaan mandiri terutamanya dalam hal finansial masyarakat karena mereka dapat mengoptimalkan tenaga mereka ketika sedang bekerja.

Kesehatan dapat dijaga dengan berbagai cara, seperti :
  1. Memperhatikan dan menjaga kesehatan lingkungan sekitar agar senantiasa terhindar dari sampah, bau, atau segala sesuatu yang berpotensi menjadi sumber penyakit. Udara juga harus diperhatikan. Jangan sampai udara yang setiap saat kita hirup itu kotor dan tercemar karena itu akan menyebabkan permasalahan dalam system pernafasan.
  2. Melakukan kerja bakti. Ini merupakan kegiatan positif yang bertujuan untuk menjaga kesehatan lingkungan agar tetap bersih.
  3. Menanam tanaman obat di lahan kosong yang tidak terpakai. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kesehatan lingkungan bersama karena pemandangan dan rasa kesejukan yang ditimbulkan dari tanaman dapat menyegarkan jiwa kita.
Jadi, sebelum memikirkan kesehatan, ada baiknya kita memikirkan kebersihan sekitar kita terlebih dahulu. Sehingga terciptalah lingkungan yang bersih, sehat, asri yang akan berdampak positif pada diri kita. Karena bersih itu sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar