Pages

Sabtu, 26 November 2011

Si Gelap Pembawa Malapetaka



Jika diperhatikan, semakin hari lingkungan semakin memprihatinkan. Banyak faktor yang menyebabkan lingkungan semakin rusak, diantaranya akibat ulah manusia ataupun karena bencana alam. Lingkungan rusak akan membawa dampak yang sangat besar, baik untuk kelangsungan mahluk hidup ataupun untuk kelangsungan lingkungan hidup.

Limbah merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab lingkungan menjadi rusak ataupun tercemar. Zat berwarna gelap, berbau, dan berbahaya ini sering membawa malapetaka bagi lingkungan. Tak hanya itu, kelangsungan hidup manusia juga akan terancam. Hal ini disebabkan karena unsur-unsur berbahaya yang dikandung oleh limbah. 

Limbah adalah bahan sisa yang dihasilkan oleh sebuah kegiatan, baik kegiatan rumah tangga, industri, pertambangan, ataupun yang lainnya. Limbah yang dihasilkan dari kegiatan ini dapat beruba gas, debu, zat padat, ataupun zat cair. 

Bahan sisa atau yang sering disebut dengan limbah ini mengandung racun yang bersifat toxicity, flammability,  reactivity, dan corrosivity yang nantinya juga akan membahayakan kesehatan manusia apalagi dengan jumlah yang banyak. 

Berdasarkan dampaknya limbah dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain sebagai berikut:
  • Limbah mudah meledak, yaitu limbah yang melalui reaksi reaksi kimia yang memiliki tekanan tinggi dan dapat merusak lingkungan.
  • Limbah mudah terbakar, yaitu limbah yang mudah terbakar apabila berdekatan dengan api, percikan api, gesekan, ataupun sumber nyala api lainnya. 
  • Limbah reaktif, yaitu limbah yang dapat menyebabkan kebakaran karena melepaskan atau menerima oksigen yang tidak stabil dalam suhu tinggi.
  • Limbah beracun, yaitu limah yang mengandung racun yang berbahaya bagi manusia atupun lingkungan.
  •  Limbah yang menyebabkan infeksi, yaitu limbah laboratorium yang terinfeksi penyakit atau limbah yang mengandung kuman penyakit.
Limbah memang memiliki banyak dampak negatif, sehingga perlu pencegahan yang besar dalam menangani limbah seperti melarang pembuangan sampah-sampah rumah tangga ke sungai, danau, laut dan membijaki setiap perusahaan minyak untuk memiliki peralatan yang dapat membendung tumpukan minyak dan menyedot kembali tumpukan tersebut. Sehingga tumpukan minyak tidak akan melebar luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar