Pages

Minggu, 17 April 2011

Monster Paru-Paru

 Akhir-akhir ini kita sering dikejutkan dengan berbagai macam penyakit yang mengerikan dan sangat membahayakan diri kita. Salah satunya yaitu, penyakit kanker paru-paru. Mengapa kanker paru-paru dikatakan sangat mengerikan? 

           Pertama, kanker paru-paru merupakan penyebab utama kematian akibat kanker.  Kanker ini adalah kanker yang paling sering tejadi pada manusia, baik pada laki-laki maupun perempuan.
            Tak banyak orang yang menyadari betapa mengerikannya kanker ini, terbukti dari mereka yang menghisap rokok secara terus menerus. Padahal dalam kemasan bungkus rokok tesebut sudah jelas dituliskan bahwa rokok dapat menyebabkan kanker paru-paru.
Para ahli yang meneliti penyakit ini menyatakan bahwa merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita dan semakin banyak rokok yang dihisap, maka semakin banyak pula penderita yang mengalami kanker paru-paru.
Biasanya kanker ini memiliki berbagai macam gejala, seperti batuk yang berkepanjangan, dahak disertai dengan darah, penurunan berat badan yang besar, menurunnya nafsu makan,  sesak nafas yang hebat, kadar oksigen darah rendah, bahkan jika kanker sudah menyebar di seluruh paru-paru dapat menyebabkan gagal jantung.
Bila kanker sudah menyerang paru-paru, kita dapat mengobatinya dengan melakukan terapi penyinaran atau pembedahan. Namun, pembedahan tidak dapat dilakukan jika sel kanker sudah menyebar ke luar paru-paru, atau kanker terlalu dekat dengan trakea. Jadi, bagi penderita kenker paru-paru yang tidak dapat dibedah, bisa melakukan terapi penyinaran yang berguna untuk memperlambat pertumbuhan kanker.
Sudah tahu kan betapa mengerikannya kanker paru-paru itu? Tak ada satu orangpun yang menginginkan dirinya terkena kanker paru-paru. Jadi, cegahlah kanker paru-paru itu sejak dini dengan cara menerapkan hidup yang sehat dan teratur, seperti tidak merokok, hindari asap rokok, hindari karsinogen di tempat kerja, makan makanan yang mengandung serat dan vitamin, dan tidak lupa untuk berolahraga. Bagi orang yang merokok, berhentilah merokok sekarang juga atau monster paru-paru dan kematian menunggu di depan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar