Pages

Selasa, 13 Desember 2011

British

Britania Raya

United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (UK) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Britania Raya merupakan negara kepulauan di Eropa Utara yang berada di antara Laut Utara dan Samudera Atlantik. Britania Raya merupakan kesatuan beberapa negeri yang berdiri sejak 840 tahun yang lalu.


Kerajaan Britania Raya didirikan pada tanggal 1 Mei 1707 oleh politik Kerajaan Inggris dan Kerajaan Skotlandia. Peristiwa ini merupakan hasil dari perjanjian pada tanggal 22 Juli 1706 yang diratifikasi oleh Parlemen Inggris dan Parlemen Skotlandia melalui Undang Undang Perserikatan pada tahun 1707. Perjanjian ini lebih dikenal dengan sebutan Trery of Union.
Setelah lima puluh tahun, Kerajaan Irlandia ikut bergabung dengan Kerajaan Britania Raya melalui Undang-Undang Perserikatan yang disusun pada tahun  1800. Dengan begitu, Inggris menjadi perserikatan kerajaan-kerajaan yang terdiri dari Kerajaan inggris, Kerajaan Irlandia, dan Kerajaan Skotlandia.
Britania Raya merupakan negera federal yang terdiri dari Inggris, Skotlandia dan Wales yang bersama sama dengan Irlandia utara. Keempat Negara bagian inilah yang yang membentuk perserikatan kerajaan yang disebut dengan United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.
Selain keempat Negara bagian ini, Britania Raya juga memuat Pulau Man, Kepulauan Channel, Guernsey, Jersey, Alderney, dan Sark. Namun secara pemerintahan, daerah-daerah ini bukan bagian dari Britania Raya. Hanya saja daerah-daerah ini dianggap sebagai daerah jajahan meskipun jaraknya sangat dekat.
Britania Raya memiliki total luas wilayahnya sekitar 244,820 km2 dan 1.3% diantaranya merupakan perairan.  Jumlah penduduknya sekitar 58,716,581 Jiwa dengan kepadatan penduduk  246.5/km2. Agama yang ada di britania antara lain Kristen Protestan (Anglikan Church) (66%), Katolik, Islam, Yahudi, dan Hindu.
Motto Britania Raya adalah Dieu et mon droit. Sedangkan mata uangnya adalah Poundsterling (£). Kepala Negara British adalah Ratu atau Raja. Kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Sedangkan Sistem pemerintahannya adalah demokrasi parlementer dan pemilu yang menggunakan sistem distrik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar